Cara Pasang Lantai Vinyl Motif Kayu

Lantai kayu vinyl


Rumahparket.org - Salah satu kelebihan lantai vinyl adalah cara pasangnya yang begitu mudah,tidak perlu keahlian khusus sehingga tidak perlu nambah biaya lagi untuk membayar tukang. Ikuti cara pasang lantai kayu vinyl yang baik dan benar seperti yang akan saya jelaskan.

Sebelum memasang lantai kayu vinyl sebaiknya siapkan terlebih dahulu alat-alat yang diperlukan: Stapler 7/8 inci,pisau cutter,Lem kayu,Penggaris siku,Pensil,Palu karet,Amplas kayu halus,meteran,sapu dan Vacuum cleaner (jika ada) tak ketinggalan kayu lembar untuk lapisan dasar.

Sebelum membeli lantai vinyl sebaiknya ukur terlebih dahulu ruangan yang akan di pasang vinyl secara akurat agar nantinya tidak ada kekurangan bahan. Pengukuran ini juga berlaku untuk kayu yang akan dijadikan sebagai alas.

Kosongkan ruangan yang akan dipasang lantai vinyl termasuk daun pintu dilepas dari engsel-nya. Perabotan yang akan dikembalikan ke tempat semula sebaiknya yang tidak terlalu berat agar lantai vinyl awet tahan lama.

Bersihkan lantai lama seperti karpet,vinyl lama atau sejenisnya. Bersihkan benda yang masih menempel di dasar lantai seperti paku,staples atau kerikil.

Bagian dasar lapisi dengan kayu lapis agar lantai vinyl lebih awet. Gunakan staples ukuran 7/8 inci untuk merekatkan lembaran kayu lapis ke lantai dasar. Jarak staples kira-kira 30 cm setelah itu staples di pukul memakai palu karet agar staples tersemat dengan sempurna. Setelah semua alas terpasang lalu di amplas sampai halus lalu bersihkan debu atau kotoran yang masih menempel.

Langkah selanjutnya adalah memasang lantai kayu vinyl. Ada dua type lantai kayu vinyl yaitu yang sudah memiliki perekat dan yang belum diberi perekat dan kita harus memberi lem terlebih dahulu dengan cara dioleskan pada lantai vinyl. Untuk lantai vinyl yang sudah memiliki perekat tinggal ikuti saja petunjuknya,sementara untuk lantai kayu vinyl yang belum memiliki perekat harus dioles lem dulu menggunakan lem kayu dan dioleskan secara merata,jangan terlalu banyak memberikan lem pada vinyl karena akan mengakibatkan lantai vinyl menjadi lembab dan cepat rusak.

Pemasangan lantai vinyl dimulai dari tengah,buatlah semaca pola terlebih dahulu agar kita bisa menentukan posisi lantai vinyl yang akan dipotong pada ujung atau pojok ruangan. Potong terlebih dahulu menggunakan cutter sebelum dipasang.
Itulah cara memasang lantai kayu vinyl semoga bermanfaat.
Cara Pasang Lantai Vinyl Motif Kayu Cara Pasang Lantai Vinyl Motif Kayu Reviewed by Rizky Asy-syakur on 05.06 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.